Masjid Tiban Malang, Wisata alternatif di Selatan Malang.

Masjid Tiban atau ada yang menyebut dengan Masjid Jin terletak di Sananrejo Kecamatan Turen kabupaten Malang, Masjid ini berada dalam areal pondok pesantren  Salafiyah Bihaaru Bahri’asali Fadlaailir Rahmah. Lebih terkenal dengan Masjid Tiban karena warga sekitar tidak ada yang mengetahui masa pembangunannya, warga mengetahui masjid tersebut ketika sudah selesai pembangunannya, oleh karena itu warga menyebutnya dengan masjid Tiban yang artinya muncul secara tiba-tiba dalam Bahasa Jawa.

Meskipun masjid ini dalam areal pondok pesantren, tapi masyarakat umum diperbolehkan untuk masuk masjid ini untuk Sholat atau sekadar berfoto. Interior yang unik dan menarik menjadikan masjid ini banyak dikunjungi oleh masyarakat umum, bahkan di sekitar masjid sudah disediakan untuk tempat parkir kendaraan besar seperti bus dan long elf karena memang banyak sekali pengunjung yang datang ke Masjid ini.

Untuk masuk masjid ini, tidak ada tiket yang dibebankan kepada pengunjung, tapi pengelola masjid memberikan kotak amal bagi yang mau menyumbang secara sukarela dan tidak ada paksaan.

Masjid ini bisa sekalian dikunjungi para wisatawan yang punya tujuan berwisata ke pantai di Malang Selatan, ada dua jalur yang bisa ditempuh jika perjalanan pulang dar pantai selatan menuju Kota Malangn atara lain lewat Turen dan lewat Kepanjen, bagi yang lewat Turen tentu bisa mampir sebentar untuk melihat Masjid ini karena memang tempatnya juga searah untuk menuju pulang ke Kota Malang.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>